Laptop merupakan salah satu hasil kecanggihan teknologi yang kerap digunakan oleh banyak orang sekarang ini. Bahkan, tidak jarang banyak yang menggunakannya untuk pekerjaan sehari-hari. kebutuhan akan penggunaan laptop ini telah merambah dari pelajar hingga para pekerja. Jadi, bukan hal yang aneh jika banyak orang membutuhkan sebuah laptop.

Sayangnya, laptop bukanlah alat canggih yang dijual dengan harga yang murah. Sehingga banyak calon penggunanya yang lebih memilih untuk membeli laptop bekas. Namun, tahukah kita bagaimana menentukan mana laptop bekas yang masih layak digunakan? Agar tidak salah dalam memilih, kenali terlebih dahulu tips membeli laptop bekas di bawah ini.

1. Pastikan Penggunaan Dari Laptop Tersebut

Setiap laptop dilengkapi dengan beragam fitur-fitur terbaik pilihan. Namun, ada beragam pilihan tipe yang bisa kita pilih diantara semua jenis laptop yang ada. Untuk itu, kita harus menentukan terlebih dahulu apa fungsi dari laptop ini nantinya. Apakah untuk bekerja? Untuk bermain game? Atau untuk penggunaan lainnya?

Sebab, jenis kegunaan laptop yang kita butuhkan nantinya akan membedakan mana laptop yang sesuai dan mana yang tidak. Seperti laptop yang digunakan untuk tujuan bermain game tentunya harus dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni. Jika tidak maka pengalaman menikmati permainan akan menjadi terganggu. Jadi, bijaklah dalam menentukan pilihan tersebut.

2. Mencari Dengan Sistem Konvensional

Tentu saja metode ini masih bisa kita gunakan ditengah-tengah maraknya penggunaan metode online untuk aktivitas apapun termasuk berbelanja laptop bekas tersebut. Walaupun membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga, kita bisa mengambil sisi positif dari metode konvensional ini. yakni, kita bisa melihat langsung kondisi fisik dari laptop bekas tersebut sebelum membelinya. Tentu saja mempertimbangkan bagaimana kondisi fisik, performa saat dinyalakan menjadi beberapa poin pertimbangan dalam tips membeli laptop bekas.

Lihat terlebih dahulu bagian luar (bentuk fisik) apakah ada terlihat renggangan? Retakan atau bekas benturan yang menonjol? Nah, jika fisiknya terlihat baik-baik saja, lihat juga bagaimana performanya. Apakah responsif? Bagaimana keadaan baterai? Dapatkan mengisi daya dan kondisi software laptop tersebut.

3. Perjanjian Retur

Pastinya sebagian dari kita sudah mengetahui apa istilah retur ini bukan? Jika masih belum mengetahuinya, maka retur adalah istilah yang digunakan untuk pengembalian kembali barang yang telah dibeli jika terdapat kesalahan. Kesalahan di sini bisa merujuk kepada laptop bekas yang rusak. Barang yang datang tidak sesuai dengan yang dipesan atau permasalahan lainnya sesuai dengan perjanjian awal.

Kebanyakan orang mengabaikan tips membeli laptop bekas yang satu ini. padahal sebagai pembeli, perjanjian retur tersebut sangat menguntungkan bagi kita. Bagaimana tidak, kita bisa mengembalikan laptop tersebut seandainya ada hal yang kurang berkenan atau bahkan masalah-masalah berat yang terjadi. Bayangkan jika perjanjian ini tidak ada, pastinya kita akan rugi, bukan?

4. Membeli Di Toko Online

Tips lainnya yang juga sangat ampuh untuk pemburu laptop bekas adalah mencari toko online terpercaya. Jika memang tidak menggunakan ecommerce ternama sebagai pihak ketiga, maka carilah toko online yang benar-benar aman dan bebas dari penipuan. Sebab, penipuan online ini sudah marak terjadi, sehingga jadilah pembeli yang pintar.

Kelebihan membeli laptop bekas di toko online tentunya ada beberapa hal, seperti:

  • Kita bisa memilih banyak jenis laptop yang tersedia.
  • Lebih cepat menemukan laptop dengan kebutuhan spesifikasi yang diinginkan.
  • Bisa membandingkan harga antara penjual satu dengan penjual lainnya tanpa perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencari di setiap toko penjual laptop bekas.

Nah, seharusnya kita sudah paham akan tips membeli laptop bekas agar tidak salah pilih lagi, kan? Jadi, terapkan tips-tips di atas untuk bisa mendapatkan laptop bekas yang berkualitas, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here