Dampak dari maraknya penyebaran virus Corona juga merambah kedunia MotoGP. Bahkan, sejumlah pertandingan terpaksa diundur atau dibatalkan akibat mewabahnya virus ini. seperti pertandingan di Qatar yang sejatinya dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2020 ini juga harus dibatalkan. Sedangkan untuk seri kedua dari MotoGP yang akan dilangsungkan di Thailand mengalami penundaan. Jadwal sebelumnya adalah tanggal 22 Maret 2020, namun terpaksa harus dimundurkan menjadi tanggal 4 Oktober 2020 mendatang.

Adakan Dua Pertandingan Sekaligus Dalam Sepekan

Karena dampak dari virus Corona ini semakin meluas dan tidak bisa dihindarkan, maka panitia MotoGP melakukan sebuah perubahan yang tergolong “unik”. Seperti rancangan pertandingan yang akan dilakukan di oleh Viegas untuk jadwal balapan mendatang. Dimana panitia menyatakan akan mengadakan 2 pertandingan sekaligus dalam satu pekan. Hal ini dilakukan untuk menjadi antisipasi penyebaran virus Corona.

Solusi ini juga diambilagar seri MotoGP bisa diselamatkan dengan baik tanpa ada kendala yang besar. Presiden Federasi Balam Motor Internasional yakni Jorge Viegas menyatakan setidaknya harus menggelar 13 seri. Untuk memenuhi quota tersebut, maka salah satu alternatif yang diambil adalah menyelenggarakan dua pertandingan grand prix di dalam pekan yang sama.

Penentuan Lokasi Sirkuit Balapan Alternatif MotoGP

motogp portugal

Tidak hanya menggelar dua pertandingan sekaligus, Viegas juga menyatakan akan mengambil sebuah tindakan lagi. Yakni, menambahkan daftar tempat atau sirkuit baru yang dijadikan sebagai arena balapan alternatif. Portugal merupakan kawasan terpilih untuk dijadikan sebagai tuan rumah cadangan untuk tempat sirkuit balapan tersebut.

Hal ini disinyalir akibat keputusan dari pemerintah Portugal sendiri. Dimana Viegas menyatakan ada banyak tuan-tuan rumah yang seharusnya menajdi tempat utama untuk balapan sudah memberlakukan pembatasan perjalanan. Hal ini merupakan dampak dari virus corona tersebut. Hal ini tentunya akan membatasi kedatangan turis yang akan bergabung di dalam pertandingan tersebut.

Di Portugal sendiri, panitia MOtoGP sudah menyiapkan rencana untuk menggunakan dua sirkuit cadangan terbaik, yakni sirkuit Algarve dan Estoril. Tentu saja kedua sirkuit ini sebelumnya sudah pernah digunakan untuk pertandingan MotoGP. Pemilihan cadangan sirkuit ini akan tetap dilanjutkan apabila kondisi di negara-negara tempat penyelenggaraan pertandingan tidak kondusif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here