Kepanikan dan kecemasan akan penyebaran virus corona mulai merambah di seluruh belahan dunia sekarang ini. Termasuk di Indonesia, dimana kita mengetahui banyaknya pasien terkait virus corona yang jumlahnya semakin hari semakin bertambah. Namun, ketakutan yang berlebihan akan sesuatu juga tidak baik untuk kesehatan. Dimana kecemasan kita akan menyebabkan beragam gangguan kesehatan lainnya.

Untuk itu, kita memerlukan beragam tips untuk menghadapi ketakutan akan penyebaran virus corona ini. Jika tidak, maka kita akan selamanya dihantui akan ketakutan tersebut dan tentunya akan membuat kita semakin tidak bisa bekerja dan beraktivitas dengan baik. Apa-apa saja tipsnya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

tips menghadapi corona

1. Batasi Penggunaan Medsos

Medsos alias media sosial memang sangat banyak digunakan oleh masyarakat di era modern sekarang ini. tidak peduli orang tua, anak-anak atau para remaja. Banyak orang akan menggunakan medsos mereka. Sebab, kita bisa berbagi dan menemukan banyak informasi, data dan unggahan pribadi yang menarik di sana. Sayangnya, penggunaan medsos ini seringkali disalahgunakan. Dengan maraknya virus corona, pastinya kita akan menemukan banyak informasi, berita dan bahkan hoax terkait penyebaran virus tersebut.

Belum ada penyaringan akurat tentang konten yang boleh dibagikan di medsos. Hal inilah yang akan menebar “rasa takut” sehingga sangat disarankan untuk sementara waktu membatasi penggunaan medsos tersebut. Waspada memang sangat dibolehkan, hanya saja jangan sampai malah menjadi sumber ketakutan dan kecemasan yang berlebihan. Solusi paling aman adalah menggunakan sumber-sumber terpercaya saja untuk update berita terbaru terkait virus ini.

2. Mengetahui Faktor Resiko

Mengetahui informasi dan berita terkait virus ini memang sangat dianjurkan, namun tetap pilihlah sumber terpercaya. Setidaknya kita mengetahui apa saja gejala-gejalanya, bagaimana proses penularannya, siapa saja yang lebih mudah terkena dan pencegahannya. Ketahui terlebih dahulu, apakah kita termasuk di daerah yang mendapatkan peringkat siaga virus tersebut atau bukan. Analisa kemungkinan yang bisa saja terjadi kepada diri sendiri terkait penularannya.

3. Turunkan Kemungkinan Penularan

Setelah kita mengetahui apa-apa saja yang mungkin bisa menjadi penyebab penularan virus ini, maka cobalah untuk mengurangi resiko penularannya. Misalnya dengan menerapkan pola hidup sehat. Dengan sering mencuci tangan, tidak bersin dan batuk sembarangan, memakan makanan sehat dan menjaga jarak terhadap orang yang sedang sakit.

Menurunkan kemungkinan penularan virus corona ini juga termasuk untuk tidak egois terhadap diri sendiri. Walaupun mungkin kita sudah menjalankan pola hidup sehat dan membatasi kontak fisik, kita tetap merasakan gejala yang sama, maka segeralah periksakan diri. Jika kita tidak sesegera mungkin mengetahui apakah kita terjangkit atau tidak, maka secara tidak langsung kita menularkan dan menyebarkan virus ini.

4. Jaga Komunikasi

Mengasingkan diri dan menjadi kesepian juga sangat buruk bagi kesehatan mental seseorang. Untuk itu, kita tetap harus menjaga komunikasi yang baik walaupun tidak selalu harus melakukan kontak fisik. Setidaknya kita tidak akan merasa kesepian, sendirian dan menumpuk kecemasan. Bersosialisasi dengan orang lain dapat menjadi obat ampuh bagi siapapun.

Nah, demikianlah tips mudah hadapi ketakutan akan penyebaran virus corona tersebut. Tetap waspada namun jangan berlebihan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here