Semenjak pertengahan bulan maret 2020, pemerintah Indonesia menganjurkan dan mengharuskan kita untuk berdiam diri di rumah. Hal ini disebabkan oleh adanya serangan virus berbahaya yang sebelumnya diberitakan menyerang puluhan warga di Wuhan, Cina. Virus yang dikenal dengan nama COVID-19 alias Corona ini mudah menyebar dan suah menginfeksi seribuan lebih rakyat Indonesia. Hal ini disebabkan oleh kontak langsung antara warga yang terinfeksi dengan warga yang sehat.

Nah, bagaimana cara memutuskan rantai penyebarannya? Tentu saja salah satunya dengan mengisolasi diri dan tetap berdiam di rumah, menjauhi kerumunan khalayak ramai. Namun, pasti ada beberapa dari kita yang akan merasa bosan ketika harus selalu di rumah, bukan? Nah, berikut tips agar bisa lebih produktif dan merasa betah di rumah selama wabah ini melanda.

Tips isolasi diri

1. Membersihkan Rumah dan Pekarangan

Tentu saja kegiatan kita sehari-hari sebelum ada tagar #DiRumahAja ini mengharuskan kita untuk melakukan beragam aktivitas tertentu dan membuat kita jarang di rumah, bukan? Nah, karena sekarang kita hanya menghabiskan waktu di rumah, tidak ada salahnya untuk membersihkan rumah dan merapikan pekarangan sekitar rumah. Pekarangan dan rumah yang kotor juga menjadi salah satu sarang penyakit, loh! Jadi, daripada hanya rebahan, ada baiknya kita bersih-bersih.

2. Mempelajari Resep Baru

Jika selama ini kita hanya bersikap sebagai konsumen dan hanya “membeli” beragam menu-menu baru dan kreatif, kali ini kita bisa melakukan eksperimen dan mempelajari menu baru. Caranya? Tidak harus berkeliaran dan membeli buku menu di toko buku. Cukup dengan browsing di situs-situs yang membagikan aneka menu masakan terkini dan kita bisa mempelajarinya. Bukankah akan menjadi lebih hemat dan lebih terjamin kebersihannya, kan?

3. Pelajari Hal-hal Baru

Bosan di rumah? Tentu saja rasa ini menghantui sipa saja apalagi bagi kita yang terbiasa beraktivitas di luar rumah. Namun, kita tidak perlu melakukan hal-hal yang berbahaya seperti berkeliling di luar rumah tentunya. Salah satu langkah mengusir kebosanan adalah mempelajari hal-hal yang baru. Seperti merajut, menjahit atau hal-hal produktif lainnya. media pembelajaran yang bisa digunakan juga bervariasi. Mulai dari sosmed dan video-video tutorial yang bisa dilihat dan dicari dengan mudah.

4. Berolahraga

Jangan lupa untuk berolahraga dengan teratur ya! Sebab, jika kita membiasakan diri untuk berolahraga maka tubuh juga akan semakin terasa sehat dan bugar. Dan, tidak ada salahnya berjemur sebentar di pagi hari agar tubuh mendapatkan asupan vitamin D yang cukup. Cobalah untuk berolahraga dengan ringan secara rutin selama masa isolasi ini.

5. Tidur Teratur

Siapa sangka tidur secara teratur sangat baik bagi kesehatan tubuh. Jangan membiasakan diri untuk begadang atau mengubah pola jam tidur, ya! Sebab ada banyak hal yang akan mengganggu kita jika tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Istirahat yang baik adalah ketika malam hari, minimal 6 jam. Namun, tidur siang sebentar juga baik untuk kesehatan, loh!

6. Berkomunikasi

Rindu untuk bertemu dan berkumpul bersama orang-orang terdekat? Tidak ada salahnya menghubungi mereka melalui media telepon ataupun video call. Sama saja seperti ketika sedang berkumpul bersama. Kita bisa menyaksikan bagaimana kondisi masing-masing dan bertukar cerita tanpa harus melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Nah, bagaimana? Sangat mudah untuk bisa tetap dirumah, bersantai tanpa rasa bosan, bukan? Tetap jaga kebersihan dan memakan makanan yang sehat, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here